Selasa, 20 Oktober 2009

TUGAS RIVIEW BAB 4

INFRASTRUKTUR TI

Infrastuktur teknologi informasi (TI) adalah sumber daya teknologi bersama yang menyediakan platform untuk aplikasi sistem informasi perusahaan yang terperinci. Infrastruktur TI terdiri atas sekumpulan perangkat dan aplikasi peranti lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu perusahaan besar secara keseluruhan. Infrastruktur TI perusahaan merupakan dasar untuk melayani para pelanggan, bekerja dengan vendor, dan mengatur proses bisnis internal.
Infrastruktur TI meliputi investasi dalam peranti keras, peranti lunak, dan layanan seperti konsultasi, pendidikan, dan pelatihan yang tersebar di seluruh perusahaan atau tersebar di seluruh unit bisnis dalam perusahaan.

EVOLUSI INFRASTRUKTUR TI: 1950-2007
Infrastruktur yang TI yang digunakan sekarang merupakan evolusi selama lebih dari 50 tahun. Dalam jangka waktu yang lebih dari setengah abad ini, TI banyak mengalami perubahan dan perkembangan, mulai dari mesin sederhana yang hanya bisa digunakan untuk menghitung, kemudian komputermini dan hingga sekarangmenjadi sangat canggih dan mudah digunakan. Secara rinci, tahapan-tahapan di dalam evolusi tersebut terdiri atas lima tahap, yaitu :
1. mesin akuntansi elektronik
2. komputasi minimikro
3. PC
4. jaringan klien/server
5. komputasi perusahaan dan internet

PERGERAKAN TEKNOLOGI DARI EVOLUSI INFRASTRUKTUR TI
Pergerakan teknologi memberikan perubahan infrastruktur TI yang semakin berkembang, telah meningkatkan daya komputasi secara eksponensial dan juga telah mengurangi biaya secara eksponensial juga. Hal ini terjadi karena komputer sekarang di buat dengan menggunakan perangkat yang sederhana seperti chip yang kecil dan tentunya memakan biaya yang kecil pula. Selain itu, sekarang sedang dikembangkan juga nanoteknologi yang mengggunakan atom dan molekul individual untuk menciptakan chip yang ukurannya bisa seribu kali lebih kecil dari apa yang diperoleh masa kini. Pergerakan teknologi juga mengubah cara penyimpanan digital besar menjadi lebih kecil dan dapat menghemat biaya. Selain itu pergerakan teknologi juga mengubah biaya komunikasi menjadi berkurang dan pertumbuhan ukuran internet secara eksponensial.

TREN-TREN PLATFORM PERANTI KERAS DAN PERANTI LUNAK KONTEMPORER
Tren-tren peranti keras dan lunak dalam perkembangannya banyak memberikan dampak positif seperti berkurangnya biaya infrasturktur, mengubah penggunaan komputasi menjadi lebih fleksibel dan lebih efisien. Platform peranti keras dan lunak kemudian melahirkan suatu sistem yang dapat menghubungkan komputer jarak jauh secara geografis ke dalam sebuah jaringan seperti penggunaan Web dan sebagainya. Tern platform peranti lunak juga dapat terlihat dengan semakin banyaknya penggunaan Linux, peranti lunak open soerce dan java.
Linux adalah sebuah sistem operasi open source yang elastis, tangguh dan dapat dijalankan di berbagai platform peranti keras dan penggunaannya semakin meluas untuk menjalankan server web. Java adalah sistem operasi bahasa pemograman yang tidak terpngaruh peranti keras dan merupakan yang terbaik dalam lingkungan pemrograman interaktif untuk Web.

ISU MANAJEMEN
Pengelolaan infrastruktur banyak mengalami permasalahan dan tantangan-tantangan seperti perubahan dalam infrastruktur, manajemen yang baik dalam melakukan investasi maupun penggunaan infrastruktur secara bijak. Solosi yang dapat dijalankan untuk menghadapi masalah ini adalah dengan menggunakan model kekuatan kompetitif dalam menentukan pengeluaran untuk infrastruktur, menentukan kestrategisan investasi dalam infrastruktur yang digunakan dan juga menghitung biaya kepemilikan total aset teknologi informasi serta biaya-biaya lain yang berhubungan dengan kepemilikan aset teknologi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar