Selasa, 06 Oktober 2009

TUGAS SIM 1

Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi


Seperti diketahui bahwa pemanfaatan komputer saat ini sudah memasuki segi bidang kegiatan, seperti bidang pendidikan, sains, teknologi, perdagangan, pengobatan dan militer. Pemanfaatan komputer sudah tidak lagi hanya untuk kebutuhan profesional saja tetapi juga sudah merupakan kebutuhan atau penunjang kegiatan masyarakat umum baik itu dalam kebutuhan sosial maupun penunjang studi.
Seiring dengan perkembangan internet, kini komputer tidak hanya dapat digunakan sebagai alat menghitung atau mengetik saja, tetapi juga dapat memberikan layanan seperti E-mail, Chat, Facebook, Gaming, Newsgroups atau juga World Wide Web. Teknologi internet sangatlah memberikan manfaat karena dapat membantu kita melakukan banyak hal yang dapat mempermudah kegiatan dan hal-hal yang kita inginkan. Akan tetapi, karena tidak adanya batasan-batasan dalam pemakaian internet,internet ini juga dapat disalahgunakan dan dijadikan media untuk melakukan tindakan kriminal.
Salah satu contoh penyalahgunaan internet seperti yang diberitakan pada surat kabar lokal di Aceh yaitu Serambi Indonesia tanggal 28 september lalu, adalah kasus kriminal yang terjadi di Jambi yaitu gara – gara menceritakan pacarnya kepada orang lain melalui situs pertemanan ”facebook” Ia kemudian dilaporkan ke polisi oleh pacarnya atas perbuatan tidak menyenangkan dan pencemaran nama baik. Korban merasa malu dan dipermalukan melalui media pertemanan facebook yang sudah menyebar dan dibaca oleh teman dan juga orang lain. Kasus ini kinimsedang ditangani oleh penyidik Polda Jambi sesuai pelanggaran tindak pidananya.
Seperti yang sudah dibahas tadi, internet memang memiliki berbagai kelebihan atau dampak positif dengan catatan yang menggunakannya juga orang baik atau tidak menyalahgunakan teknologi itu sendiri. Tetapi, ketika teknologi ini di gunakan oleh tangan – tangan jahil, maka akan berdampak sangat negatif karena dapat merugikan banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar