Jumat, 01 Januari 2010

Tugas individu (MIS analysis for SME)

MIS analysis for SME

Waroeng Komik
Jln. T. Nyak Arif Lr. PBB Belakang BRI Darussalam Banda Aceh
23111. Tlpn. (0651) 7413678


Waroeng komik adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa (penyewaan komik dan buku) yang beralamatkan dijalan T. Nyak Arif Lr. PBB belakang BRI darussalam Banda Aceh. Pemilik waroeng komik ini adalah seorang ibu rumah tangga bernama Afrida Arfa.
Saat ini waroeng komik telah mempekerjakan 10 karyawan dengan sistem shift atau bergantian. setiap karyawan shift pagi-sore, siang-sore dan sore-malam. Setiap karyawan diberi upah sebesar Rp. 10.000,- per shift. Waroeng komik memiliki omset rata-rata per hari mencapai Rp.150.000,- atau kurang lebih Rp.5.000.000,- per bulan. Koleksi komik dan buku di waroeng komik mencapai 4000 eks, dan selalu di perbaharui setiap minggunya atau pun per bulan.
Bagi pelanggan atau pembaca yang ingin meminjam buku/komik haruslah menjadi member terlebih dahulu dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 5000,-. Persyaratan memjadi member waroeng komik terbilang sederhana karena member baru hanya memberikan foto copy tanda pengenal dan memberikan alamat serta nomor hand phone saja. Biaya sewa komik Rp. 1000,-/hari dikenakan pada komik edisi terbaru dan Rp.1000,-/ 4 hari untuk komik lama. Buku dan novel di kenakan biaya sewa Rp. 3000,-/ 3-5 hari. Selain dapat disewa untuk dibawa pulang ke rumah, waroeng komik juga memberikan kemudahan yaitu dapat membaca komik atau buku di tempat dan dikenakan biaya Rp. 500,-/ komik atau buku. Saat ini member serta pelanggan di waroeng komik telah mencapai ratusan orang yang terdiri dari mahasiswa dan juga umum.
Penggunaan teknologi informasi di waroeng komik bisa dibilang sudah baik. Waroeng komik memiliki satu unit komputer operasional yang memakai data base untuk mendata komik dan buku yang terdapat di waroeng komik serta data-data komik dan buku yang disewa dan di bawa pulang oleh pelanggan dan tentunya digunakan juga untuk mengidentifikasi data pelanggan. Waroeng komik adalah satu-satunya tempat penyewaan komik dan buku yang memakai sistem data base yang ada di Darussalam Banda Aceh. Selain komputer, teknologi lain yang di pakai yaitu telepon dan hand phone. Telepon dan hand phone ini digunakan untuk memudahkan pelanggan berkumonikasi dengan karyawan di waroeng komik jikalau pelanggan ingin informasi tentang buku baru atau komik edisi terbaru atau juga untuk menghubungi pelanggan jika waktu pengembalian sudah jatuh tempo ataupun adanya keterlambatan dalam pengembalian buku dan komik yang di sewa.

1 komentar:

  1. postingannya sangat menarik....
    salute to badriansyah!!!!
    but,,ganti tampilan lah...
    jgan stndar kyak orng biasa
    Ok,,Chayo badriansyah

    BalasHapus